TAMAN NASIONAL KEPULAUAN KARIMUNJAWA PULAU MENJANGAN BESAR - Uji Nyali Bersama Predator Berbahaya Blacktip Reef Shark

Ditulis oleh: -

 Anda petualang yang hobi memacu adrenalin? Menguji nyali dengan berenang bersama ikan hiu di Pulau Menjangan Besar menjadi alternatif wisata yang tidak biasa.
 Pulau Menjangan Besar yang terletak sekitar 10 menit sebelah selatan Pulau Karimunjawa menawarkan pengalaman wisata yang tidak biasa, yaitu kesempatan untuk berenang bersama ikan hiu! Pulau seluas 56 hektar ini memiliki 2 kolam penangkaran dengan kelompok-kelompok hiu yang sudah menunggu Anda untuk "bermain" bersama mereka.

 Sekelompok Blacktip Reef Shark yang menghuni salah satu kolam menjadi favorit bagi beberapa orang karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Rata-rata hiu dewasa “hanya” memiliki panjang 1,6 meter. Di antara jenis hiu karang lainnya, Blacktip Reef Shark memang dikenal menyukai perairan dangkal berpasir. Bahkan kadang-kadang mereka juga masuk ke perairan payau dan juga sungai air tawar. Meski merupakan predator aktif yang memangsa ikan-ikan kecil, lobster, udang, kepiting, cumi-cumi, dan bahkan ular laut dan burung, jenis hiu ini cenderung jarang membahayakan manusia, kecuali jika dipancing dengan makanan. Nah, Pulau Menjangan Besar ini memberikan kesempatan untuk masuk ke dalam kolam berisi sekelompok Blacktip Reef Shark sementara beberapa orang melemparkan potongan ikan segar ke sekeliling Anda untuk menarik perhatian sang hiu. Beranikah Anda mencoba? Bila merasa jenis hiu kecil ini tidak cukup menantang adrenalin, Anda bisa mencoba sebuah kolam lain yang berisi hiu-hiu hitam berukuran lebih besar.

 Tak hanya hiu, Pulau Menjangan Besar juga memiliki kolam penangkaran penyu dengan puluhan tukik atau anak penyu yang nantinya akan dilepas di lautan bebas. Sebagai satu diantara sedikit tempat yang menjadi habitat dari satwa langka penyu sisik dan penyu hijau, Kepulauan Karimunjawa memang cukup konsisten untuk melindungi mereka dari kepunahan. Jika beruntung kita bisa melihat langsung dan ikut melepasnya ke laut.

 Sebagaimana pulau-pulau lainnya di Karimunjawa, Menjangan Besar dikelilingi oleh pantai berpasir putih yang indah. Di sisi lain pulau terdapat sebuah gosong yang oleh penduduk setempat disebut sebagai Gosong Abadi. Gosongan kecil dengan taburan pasir putih yang sangat lembut ini dihiasi oleh pohon-pohon bakau kecil yang baru tumbuh dengan suburnya. Demikian juga dengan perairan pantai di sekeliling gosongan ini. Akar bakau yang kuat mencengkeram ke dalam perut bumi, menjanjikan perlindungan bagi anak ikan dan udang di masa yang akan datang. Tempat ini mungkin “hanya” sekedar pantai berpasir putih yang cantik. Namun beberapa puluh tahun yang akan datang, gosong ini akan menjelma menjadi hutan bakau, surga yang akan menjaga kelangsungan hidup berbagai ekosistem di sekitarnya.

















========================================================================
pulau menjangan besar, pulau menjangan besar karimunjawa, pulau menjangan besar hotel, pulau menjangan besar di karimunjawa, hotel di pulau menjangan besar, penangkaran hiu karimun jawa, penangkaran hiu, penangkaran hiu di pulau pramuka, penangkaran hiu pulau pramuka, penangkaran hiu pulau seribu, penangkaran hiu di karimunjawa, penangkaran hiu di bali, penangkaran hiu di kepulauan seribu, penangkaran hiu kepulauan seribu, penangkaran hiu di pulau seribu, penangkaran hiu.edu, penangkaran hiusafcu, penangkaran ikan, penangkaran hiusa, penangkaran hiundaycar, penangkaran hiu hat, penangkaran gambar, penangkaran hyundai, penangkaran hiug, penangkaran hiul, penangkaran hiu karimunjawa, penangkaran penyu di bali, penangkaran penyu, penangkaran penyu bali, penangkaran penyu ujung genteng, penangkaran penyu pulau pramuka, penangkaran penyu pangandaran, penangkaran penyu di ujung genteng, penangkaran penyu di pulau seribu, penangkaran penyu di pariaman, penangkaran penyu di banyuwangi, tempat penangkaran penyu, penangkaran penyu di tanjung benoa, penangkaran penyu di jawa barat, penangkaran penyu di sukabumi, cara penangkaran penyu sisik, penangkaran penyu sukamade, gambar penangkaran penyu.

0 komentar "TAMAN NASIONAL KEPULAUAN KARIMUNJAWA PULAU MENJANGAN BESAR - Uji Nyali Bersama Predator Berbahaya Blacktip Reef Shark ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar